Apa
itu E-Commerce ?
E Commerce adalah kegiatan – kegiatan
bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan, pembelian,
pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara yaitu melalui suatu
jaringan computer, terutama internet.
Is the government going to the regulation
of e-commerce?
Pelayanan pemerintah terhadap warga
negaranya melalui teknologi E Commerce, selain itu dapat digunakan untuk
kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah lain atau dengan perusahaan. Jadi
dalam hal ini Pemerintah telah meregulasikan E-Commerce ke dalam suatu sistem
informasi dan perdagangan dalam internet.
Seberapa aman
e-commerce?
Di media massa cukup banyak berita
tentang pembobolan sistem keamanan Internet, akan tetapi umumnya vendor dan
analis komputer berargumentasi bahwa transaksi di Internet jauh lebih aman
daripada di dunia biasa. Di media massa cukup banyak berita tentang pembobolan
sistem keamanan Internet, akan tetapi umumnya vendor dan analis komputer
berargumentasi bahwa transaksi di Internet jauh lebih aman daripada di dunia
biasa. Terus terangnya memang tidak ada sistem e-commerce yang bisa menggaransi
proteksi 100% kepada kartu kredit anda, tapi kemungkinan untuk di copet dompet
anda di toko online akan jauh lebih rendah dibandingkan di tempat biasa.
Bagaimana cara
usaha kecil mengambil keuntungan dari e-commerce?
Ternyata bukan hanya perusahaan besar
saja yang berkecimpung dalam e-commerce tapi juga banyak pengusaha kecil yang
berkiprah dengan Web sederhana, dan situs kacangan.
Seringkali yang dibutuhkan untuk sukses
hanya promosi sederhana agar terlihat oleh para pelanggan. Berita mulut ke
mulut, posting di newsgroup, dan mendaftarkan diri di search engine cukup sudah
untuk menarik pelanggan ke situs anda.
The main barrier to doing e-commerce
Menurut survey yang dilakukan oleh
CommerceNet http://www.commerce.net/ para pembeli / pembelanja belum menaruh
kepercayaan kepada e-commerce, mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka
cari di e-commerce, belum ada cara yang mudah dan sederhana untuk membayar. Di
samping itu, surfing di e-commerce belum lancar betul. Pelanggan e-commerce
masih takut ada pencuri kartu kredit, rahasia informasi personal mereka menjadi
terbuka, dan kinerja jaringan yang kurang baik. Umumnya pembeli masih belum
yakin bahwa akan menguntungkan dengan menyambung ke Internet, mencari situs
shopping, menunggu download gambar, mencoba mengerti bagaimana cara memesan
sesuatu, dan kemudian harus takut apakah nomor kartu kredit mereka di ambil
oleh hacker. Untuk sistem bisnis-ke-bisnis, isu yang ada memang tidak sepelik
di atas, akan tetapi tetap ada isu-isu serius. Seperti para pengusaha belum
punya model yang baik bagaimana cara mensetup situs e-commerce mereka, mereka
mengalami kesulitan untuk melakukan sharing antara informasi yang diperoleh
online dengan aplikasi bisnis lainnya. Masalah yang barangkali menjadi kendala
utama adalah ide untuk sharing informasi bisnis kepada pelanggan dan supplier -
hal ini merupakan strategi utama dalam sistem e-commerce bisnis ke bisnis.
Kesimpulan.
1.
E-commerce adalah online shopping -
belanja, membeli barang melalui Web.
2.
E-Commerce adalah sangat efektif bagi
para produsen barang / ekspor
informasi untuk bisnis yang mendatangkan banyak devisa
ke negara menjadi sangat baik
di semua.
3.
E-commerce memiliki masa depan cerah. Jika rincian ini online
trading dapat
diselesaikan maka bukan tidak mungkin bahwa e-commerce dan Internet akan mengubah struktur dunia bisnis global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar